Abstrak
Bisnis
waralaba/franchise adalah salah satu bentuk bisnis yang banyak dilirik oleh
para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang
sudah berpengalaman. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang
yang memiliki modal materiil tapi kurang berpengalaman dalam membangun
bisnisnya sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan, terutama bila
membeli waralaba dari sebuah merk dagang yang sudah terkenal. Potensi bisnis
ini sangat menguntungkan untuk jangka waktu yang lama, namun perlu diperhatikan
bahwa tidak semua jenis usaha waralaba cocok untuk setiap orang.
Kata Kunci : Bisnis waralaba, pebisnis, modal
materiil, merk dagang.
Abstract
Franchise
business / franchise is one form of business that many ogled by entrepreneurs
today , whether it is a new business / beginners or the experienced businessman
. This franchise business concept is very possible someone who has a material
capital but lacks experience in building his own business to have a profitable
business , especially when buying a franchise of a well-known trademark . The
potential of this business is very profitable for the long term , but it should
be noted that not all types of franchise business is suitable for everyone.
Keywords : franchise , business , capital material ,
trademarks.
Pendahuluan
Bagi pengusaha
yang memiliki modal besar, membeli franchise/ waralaba yang harganya mahal
bukanlah sebuah masalah. Namun tidak demikian pada calon pengusaha yang
memiliki modal terbatas, mereka biasanya akan berpikir berkali-kali sebelum
memutuskan menjalankan usaha waralaba. Besar biaya untuk menjalankan waralaba sangat
beragam, murah atau mahal itu menurut saya relative dilihat dari potensi
bisnisnya untuk jangka panjang. Harga waralaba biasanya berkisar mulai dari Rp
10 juta hingga Rp 1 milliar, tapi untuk waralaba lokal ternyata ada juga yang
menawarkan harga sekitar Rp 5 jutaan.
Permasalahan
1.
Apa
yang anda ketahui tentang Franchise ?
2.
Apakah
keuntungan berbisnis Franchise ?
3.
Apa
saja yang harus dipersiapkan dalam membuat bisnis Franchise ?
4.
Adakah
peluang bisnis waralaba yang dapat dijalankan dengan modal relative kecil ?
5.
Apa
saja tips yang tepat untuk memilih bisnis Franchise yang akan dijalankan ?
Pembahasan
Apa
yang dimaksud dengan franchise?
Mari kita pahami. Dalam bahasa Indonesia, istilah
franchise biasanya dikenal dengan waralaba. Franchise atau waralaba adalah
sebuah metode dalam sistem distribusi barang atau jasa. Metode ini membentuk
suatu model hubungan kerjasama bisnis antara franchisor (pemilik usaha)
dengan franchisee (pemilik modal/investor).
- Franchisor (Pewaralaba), yaitu pihak yang menjual atau meminjamkan hak dagangnya, atau merk dagangnya serta sebuah sistem bisnis untuk menjalankan bisnis tersebut.
- Franchisee (Terwaralaba), yaitu pihak yang membayar royalti dan biaya lainnnya yang dipersyaratkan oleh franchisor untuk dapat menggunakan merk dagangnya serta sistem bisnis yang dirancang oleh franchisor.
Franchise merupakan bentuk duplikasi bisnis yang telah sukses
dan mempunyai brand yang sudah dikenal. Dengan demikian calon investor yang
ingin membeli franchise tidak harus menajalankan bisnis dari nol. Tidak harus
dipusingkan dengan nama produk, jenis produk, produksi, dan pemasaran. Mereka
hanya menjalankan sistem yang telah berjalan dengan baik dan telah teruji
keberhasilannya.
Kegiatan franchise adalah cara untuk mengembangkan dan
melebarkan sayap usaha dengan bekerja sama dengan berbagai pihak yang mempunyai
modal dan ingin membuka usaha tetapi tidak memiliki brand yang bagus dan
terkenal. Perusahaan yang membuka franchise biasanya adalah perusahaan terkenal
dan sudah terjamin dari segi kualitas produk, pelayanan dan cara memasarkan
produknya. Secara teknis, kontrak kerja antara franchisor dan franchisee
inilah yang disebut franchise, tetapi kini kata franchise lebih sering
dianalogikan sebagai cara dari franchisee menjalankan bisnisnya.
Keuntungan Berbisnis Franchise
Keuntungan berbisnis franchise jika dilihat dari sisi
franchisee dan franchisor adalah kerjasama yang saling menguntungkan dan
membutuhkan. Franchisor butuh modal dan perluasan jaringan, franchisee butuh
produk terkenal yang mudah dijual dan dipasarkan.
Seorang franchisee (orang yang membeli franchise)
diuntungkan dengan sistem kerjasama franchise. Ia tidak perlu repot-repot
menyiapkan, menentukan, memasarkan produk yang akan dijual dari nol. Semua
mudah, cukup tinggal jalankan saja dan menjual produk yang sudah teruji dan
dikenal masyarakat luas.
Orang yang
punya modal, ingin berbisnis tetapi belum tahu dan khawatir dengan resikonya,
bisa mencoba bisnis franchise. Tidak perlu merintis bisnis dari awal, cukup
menjalankan model yang sudah ditetapkan franchisor.
Bagi
franchisor, mem-franchisekan bisnisnya adalah peluang untuk mengembangkan
bisnis dan distribusi produk-produknya secara lebih luas tanpa harus menguras
modal yang besar, tanpa harus membuka gerai sendiri di berbagai tempat, yang
tentunya memerlukan modal yang besar. Jadi bisnis franchise merupakan salah
satu cara untuk melakukan penetrasi pasar yang lebih luas lagi dengan bantuan
franchisee. Dengan semakin banyaknya franchisee maka semakin kuat jaringan
bisnis yang dimilikinya.
Apa saja yang
harus dipersiapkan dalam membuat bisnis franchise?
-
Bangun kekuatan tim internal. Karena anda akan membangun
sebuah sistem bisnis, maka anda membutuhkan banyak personil handal dan
berkompeten dalam bisnis anda. Sistem bisnis yang anda gunakan dalam bisnis
yang telah berjalan bisa diadopsi dalam sistem franchise anda. Bila perlu
lakukan perubahan agar lebih mudah diikuti oleh mitra bisnis anda. Tim ini juga
yang akan melakukan pembinaan pada ratusan hingga ribuan mitra bisnis.
-
Mendaftarkan bisnis franchise anda pada Departemen Perdagangan RI.
Sehingga secara legalitas bisnis anda terjamin. Untuk memperluas pergaulan dan
komunikasi anda bisa bergabung dengan asosiasi franchise, seperti WALI dan AFI.
-
Melakukan promosi gencar untuk meningkatkan branding dan penjualan.
Kekuatan branding sangat penting sebagai pembeda produk sekaligus meningkatkan
angka penjualan. Promosi dan pemasaran ini bisa dilakukan secara konvensional
maupun melalui media internet. Pameran franchise, media sosial, website, forum
bisnis, pasar online dan sebagainya bisa anda gunakan dalam menunjang program
promosi dan pemasaran bisnis anda.
Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis waralaba
yang dapat dijalankan dengan modal relative kecil:
1. Bisnis Waralaba Makanan & Minuman
Menjalankan bisnis waralaba makanan & minuman
memiliki potensi bisnis yang sangat bagus karena makanan merupakan kebutuhkan
pokok manusia yang pasti selalu dicari orang. Namun, merintis bisnis makanan,
misalnya restaurant atau tempat makan dengan merk dagang baru adalah sebuah
tantangan yang sangat sulit, terutama untuk orang yang belum memiliki
pengalaman berbisnis makanan sebelumnya.
Ada banyak waralaba makanan & minuman yang
menawarkan franchisenya dengan harga yang relative murah, tapi tidak semua
cocok dengan Anda. Sebaiknya kita memilih bisnis waralaba makanan & minuman
yang punya keunikan, punya potensi bisnis yang bagus, dan harganya terjangkau.
2. Bisnis Waralaba Loundry & Jasa Kebersihan
Kalau kita perhatikan, bisnis loundry ternyata
punya potensi yang sangat bagus lho, apalagi kalau bisnis ini dijalankan di
lokasi yang strategis. Untuk bisnis waralaba Loundry, biasanya franchisor
(pemilik waralaba) akan membantu kita dalam menentukan lokasi yang strategis
untuk bisnis ini.
Biasanya bisnis waralaba loundry dan jasa
kebersihan akan sangat laris bila dijalankan di lokasi perumahan, kampus, dan
kost-kostan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa loundry
untuk mencuci pakaian mereka daripada harus mencuci sendiri, selain karena
lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan harga jasanya juga relative
murah.
Ketika kita ingin menjalankan bisnis ini,
pastikan kita memilih waralaba yang punya reputasi baik dan mau memberikan
solusi pada masalah Anda sebagai pemula dalam bisnis ini. Lebih baik
mengeluarkan modal agak besar di awal untuk waralaba dari franchisor yang punya
reputasi baik, daripada modal kecil tapi potensi resiko lebih besar karena
franchisor tidak memiliki reputasi dalam bisnis ini.
3. Bisnis Waralaba Di Bidang Kesehatan & Kecantikan
Banyak sekali orang yang membutuhkan sarana atau
tempat-tempat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka, terutama kaum
hawa. Beberapa tempat perawatan kesehatan dan kecantikan yang sering dikunjungi
orang adalah tempat-tempat fitness, reflexy, salon, spa, dan lain-lain. Itulah
alasannya mengapa bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan.
Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bisnis
ini menawarkan waralabanya kepada calon pengusaha seperti Anda, tapi sebaiknya
pilih satu yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, misalnya Anda
ingin memiliki usaha spa.
4. Bisnis Waralaba Di Bidang Jasa Pendidikan & Pelatihan
Ternyata ada banyak perusahaan yang bergerak
dibidang jasa pendidikan & pelatihan menawarkan waralaba bagi calon
pengusaha yang ingin memiliki bisnis sendiri. Bila Anda adalah seseorang yang
memiliki minat pada industri jasa pendidikan dan pelatihan, maka Anda harus
mempertimbangkan untuk memilih waralaba ini.
Perlu kita ketahui bahwa tidak semua perusahaan
di bidang jasa pendidikan dan pelatihan menawarkan waralabanya dengan harga yang
murah. Ada diantara mereka yang menawarkan waralabanya dengan harga yang sangat
mahal, tentunya kita harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita
miliki.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih bisnis
waralaba yang akan dijalankan:
1. Pilih waralaba yang mudah dijalankan
Sebaiknya kita tidak memilih waralaba yang dapat
menyita waktu dan pikiran kita. Untuk itu, pastikan bahwa waralaba yang akan
kita jalankan dapat dikerjakan dengan mudah dan praktis. Pilihlah lokasi yang
mudah dijangkau dan lingkungannya juga aman. Ini sangat penting karena
kemudahan akses dan juga keamanan lokasi bisnis Anda akan sangat berpengaruh
pada jumlah pelanggan yang datang ke tempat Anda.
2. Pilih waralaba yang punya banyak konsumen
Utamakan untuk menjalankan bisnis waralaba yang
memiliki konsumen banyak dan bisa menjangkau semua kategori umur. Memilih jenis
waralaba yang konsumennya sedikit memiliki resiko kerugian lebih besar. Salah
satu contoh jenis waralaba yang banyak konsumennya adalah waralaba makanan dan
minuman.
3. Pilih waralaba yang harga produknya terjangkau
Selain jenis waralabanya punya banyak konsumen,
faktor harga juga sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis waralaba.
Jangan memilih waralaba yang mematok harga yang tinggi untuk produknya dan
tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat di sekitar bisnis Anda.
4. Pilih waralaba yang memberikan pelayanan yang baik
Pelayanan dan juga garansi pada produk adalah
sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Oleh karena
itu, pilihlah waralaba yang memberikan pelayanan dan juga garansi jaminan mutu
pada produknya untuk meningkatkan rasa percaya pelangganAnda, tentunya ini akan
sangat membantu dalam pengembangan bisnis waralaba Anda ke arah yang lebih
baik.
Kesimpulan
Bisnis waralaba membuka peluang bisnis dengan
modal relatif kecil. Ketika anda bekerjasama dengan perusahaan waralaba, maka
anda tidak perlu membuat membangun merek dagang. Sehingga akan menghemat waktu,
tenaga dan biaya. Anda juga tidak repot dengan pengadaan bahan baku, karena
franchisor akan menyuplai segala kebutuhan anda. Yang harus anda lakukan adalah
memilih lokasi usaha yang tepat, sehingga usaha anda bisa mudah ditemukan
banyak konsumen. Sehingga tercipta pasar yang baik yang mendukung
keberlangsungan bisnis anda. Bisnis waralaba bidang makanan dan minuman
biasanya menawarkan banyak peluang usaha dengan modal relatif terjangkau.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar